Beternak Kambing Peranakan Etawa

Sabtu (23/3/2013), Seksi Ekonomi & Wirausaha Wikusama mengadakan workshop tentang “Beternak Kambing Peranakan Etawa” milik alumni angkatan kedua, Cak Agus Susanto (GusJohn) di Ciangsana Farm, Bogor.

Beliau mulai bergelut di bidang perkambingan sejak tahun 2009. Detailnya monggo dibaca di web http://cintakambing.wordpress.com/.

Kemarin kita belajar tentang bagaimana beternak kambing etawa yang baik. Mulai dari cara memilih jenis/bibit kambing, aktivitas jam pemeliharaan setiap hari, menentukan masa perkawinan & laktasi, membuat kandang, memilih makanan hingga sisi bisnisnya yaitu : jual dagingnya, ambil susunya (harganya 7x dari susu Sapi!), breeding atau ikut kontes.

Kita juga langsung praktek memerah susu kambing yang langsung kita minum tanpa dimasak terlebih dulu. Anehnya tidak bau kambing!

Ternyata ada ilmunya agar susu tidak bau kambing, salah satunya adalah sewaktu akan diperah kondisi kandang harus bersih & bebas dari kohe (kotoran hewan). Kambing juga harus rutin dimandiin, seperti manusia.

Terima kasih kepada EO-nya pakde Sonny Susanto & Martinus J Wahyudi, juga yang mbelani datang jauh dari Surabaya untuk acara ini.

Cak GusJohn, suwun ilmune!

(AP/DPS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *