Rohis IAW at Moslem Youth Night

Masjid Agung Sunda Kelapa – Sabtu, 28 September 2013

MY Night (Moslem Youth Night), merupakan acara yang diselenggarakan oleh remaja islam masjid sunda kelapa (RISKA) setiap malam minggu terkhir tiap bulan. Pemuda-pemudi dari berbagai wilayah Jakarta dan sekitarnya sudah menempati shaf-shaf sejak ba’da maghrib. Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Quran. Para jama’ah yang didominasi oleh remaja putra dan putri termasuk teman-teman IAW dari berbagai angkatan menyimak dengan khusuk.

Lantunan ayat suci Al-Qur’an berhenti dan adzan isya’ dikumandangkan. Seusai sholat isya’ dilanjutkan dengan acara utama. Pada kesempatan kali ini RISKA menghadirkan pembicara-pembicara yang sangat menarik diantara Ali Akbar (@pakarseo), Komunitas @ManjaddaWajada, dan Ust. Bendri Jaisyurrahman seorang aktivis dakwah melalui sosmed, motivator, CEO dan Founder Langkah Kita.

Mengusung tema “Be Inspired with Social Media”, RISKA menghadirkan pakar dibidangnya. Ali Akbar seorang pakar SEO (Search engine optimization) memberikan ilmu-ilmu optimasi diantaranya:

  1. Optimasi mesin pencari
  2. Optimasi jejaring sosial
  3. Optimasi perangkat bergerak
  4. Optimasi cerita visual
  5. Optimasi konsumsi komunitas

Beliau menegaskan, ‘Penguasa informasi akan menjadi pengusaha informasi’ jika mengetahui ilmunya dengan benar. Pemilik akun twitter @pakarseo dan @kodejodoh ini juga mengeluarkan statement bahwa ‘Informasi adalah harta karun’ . Ali Akbar juga memberikan nasihat kepada para remaja untuk memanfaatkan sosial media sebagai tempat marketing. Beliau mengatakan, “Tulislah status yang sekiranya penting untuk orang lain. Paling tidak status tersebut berisi tentang kebaikan”.

Sebelum dilanjutkan ke pembicara selanjutnya, jama’ah dipersilahkan untuk menikmati snack dan minuman yang telah disediakan. Pembicara selanjutnya yaitu Ust. Bendri Jaisyurrahman. Beliau membawakan tema yang berjudul “Gaul boleh, 4L4Y Jangan!”. Beliau menegaskan bahwa dijaman sekarang ini anak muda gampang dipengaruhi. Menurut beliau, saat ini dakwah yang paling efektif adalah melalui dunia maya. Sosial media harus dimanfaatkan untuk dakwah.

Ust.Bendri menuturkan bahwa investasi terbaik adalah dengan berdakwah. Seorang da’i akan mendapatkan kebaikan yang sama dari semua orang yang mendapatkan ilmunya dan mengamalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *