Membangun Jaringan MPLS Berbasis Cisco Router

Meski molor satu jam dari jadwal, acara Cangkrukan IAW (Ikatan Alumni Wikusama) edisi perdana yang mengambil tema “Membangun Jaringan MPLS Berbasis Cisco Router” oleh Muhammad Syarifuddin, Angkatan 11, Sabtu (26/10), di Jakarta, berlangsung lancar.

Cangkrukan IAW diproyeksikan bisa menjadi agenda bulanan bagi alumni untuk berbagi dan bertukar ide, pengalaman, cerita, inspirasi, bisnis, ilmu, pengetahuan dan lain sebagainya.

Sekitar pukul 10.00 WIB acara baru dimulai. Setelah pembukaan, acara diawali dengan perkenalan diri setiap peserta. Dari sisi kehadiran, peserta sangat antusias. Seratus persen peserta yang daftar, hadir semua.

Secara garis besar, acara sendiri dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah pengenalan tentang konsep MPLS. Apa itu MPLS, kelebihan dan kekurangannya, elemen MPLS, label protocol hingga studi kasus.

Sesi kedua adalah praktek. Untuk implementasi, software yang digunakan adalah GNS3 untuk mensimulasikan Cisco MPLS Router. Di sesi ini, peserta belajar proses instalasi serta konfigurasi GNS3 hingga siap digunakan.

Dalam acara terpisah, Muhammad Syarifuddin menjelaskan, manfaat apabila kita mengikuti Cangkrukan IAW seri ini antara lain :

  1. Mengerti dan paham layanan apa saja yang ada di MPLS.
  2. Mengerti dan paham bagaimana membangun jaringan MPLS.
  3. Memilih antara leased line, frame relay, site to site vpn, dan MPLS.
  4. Memahami kenapa layanan MPLS bisa jauh lebih murah daripada layanan leased line.
  5. Memahami kenapa layanan MPLS jauh lebih reliable & redundant daripada layanan lainnya.

Spesifik ke profesi, manfaat yang didapat adalah :

  1. Bagi programmer/java developer yang mengerjakan aplikasi bank, pasti sering menemui yang namanya MTU error ketika bank tersebut langganan MPLS untuk cabang-cabangnya. Nah, di Cangkrukan IAW ini, insya Allah nanti dibahas, kenapa terjadi seperti itu, solusinya seperti apa, dll.
  2. Bagi staff IT yang mengurusi banyak kantor cabang, nanti bisa paham kenapa MPLS lebih murah daripada leased line, sehingga bisa menghemat budget perusahaan anda. Yang tentunya memiliki efek positif bagi KPI anda.
  3. Bagi network engineer di customer, meskipun tidak memegang jaringan MPLS secara langsung, dengan ikut Cangkrukan IAW seri ini, nanti diharapkan bisa paham mengenai MPLS, sehingga dapat melakukan analisa dan troubleshoot jaringan MPLS yang disewa.
  4. Bagi yang masih baru belajar jaringan, dengan belajar MPLS, ilmunya akan bertambah berlipat-lipat, karena materi disusun dengan sangat padat, berbobot, dan berdasarkan pengalaman nyata di lapangan.

Sekitar pukul 17:00, acara berakhir. Satu hari memanglah tidak cukup untuk menjadi ahli MPLS. Sampai jumpa di lain kesempatan.

(@DPSasongko)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *