Wikusama untuk #JKTbanjir

banjir antara

Seperti yang kita tahu bersama, ibu kota di landa bencana. Bencana banjir yang melumpuhkan transportasi seantero kota Jakarta. Tapi kita yang di tengah ibu kota masih harus bersyukur karena banjir ini mungkin hanya menyita waktu kita, menyita tenaga kita dan sedikit harta benda kita.

Bagaimana nasib yang di pinggiran ibu kota? Kami dari depsos mengajak mbak-mas-dek untuk tergerak, dan mari bersama2 kita bergerak. Bergerak mengumpulkan donasi baik berupa barang bekas maupun berupa materi. Tapi amat sangat di sarankan dalam bentuk barang karena di perkirakan harga barang baru mungkin jika banjir akan lebh mahal dan jarang serta toko tutup juga.

Gimana caranya? Butuh keikhlasan buat bergerak bersama. Bagi yang punya barang untuk di sumbangkan tapi ga bisa ngumpulin tolong japri ke depsos@wikusama.org dengan SUBJECT : AMBIL  sebisa mungkin kami bantu cari solusi agar barang tersalurkan. Bagi yang bisa datang dan turut mengumpulkan juga tolong mengirimkan email ke depsos@wikusama.org dengan SUBJECT : IKUTAN.

Ngapain Rencananya? Di usahakan sabtu pagi ini kami mulai bergerak untuk acara tanggap bencana ini, mulai dari pengumpulan barang2 hingga pendistribusian akan kami fokuskan di 2 hari sabtu-minggu ini.

Ada yang lebih simple caranya? Ada, mbak-mas-dek bisa tergerak dengan menginfokan kepada kami lokasi2 di sekitar kalian atau rekan kita wikusama yang mungkin membutuhkan bantuan terkait bencana banjir ini. Atau bergerak dalam wujud donasi berupa uang dengan cara transfer rekening ke rekening anggota depsos berikut.

BNI
a.n : Juliana Dewi Nur Rohmah
No. Rek. : 022.143.0307

BCA
a.n : Ivan Dwi Nasrodin
No. Rek. : 5015117785

MANDIRI
a.n Dwi Rahayu Octavina
No. Rek. : 1440010602925

Dan tolong sebisa mungkin setelah transfer kirimkan pesan konfirmasi melalui nomor083874547557(Vris) dengan menginformasikan nama bank tujuan dan nama rekening pengirim.

Contoh SMS:
Transfer ke BCA dari Rek. a.n Ayu Vrismayang Sari

Demikian ajakan kami Depsos IAW, mari bergerak bersama “Wikusama Untuk Indonesia”

*)Image Courtesy of Antara – http://www.antaranews.com/foto/39509/pemadaman-listrik

WIKUSAMA FESTIVAL #2 2013

Sukses menjalankan WikuFEST (Wikusama Festival) pertama pada 20-21 Januari 2012 di Malang, melalui sinergi industri alumni dan jaringan yang lebih baik lagi, ikatan alumni Wikusama hadir kembali ke Sekolah tercinta SMK Telkom Sandhy Putra Malang guna menyumbangkan pengetahuan, pengalaman, dan wawasannya. Kegiatan rutin ini nantinya diharapkan dapat mengakselerasi adaptasi perubahan yang terjadi di industri ICT bagi lingkungan akademis.

Masih dengan komposisi materi Knowledge, Entrepreneurship, dan Wisdom dengan peserta dari para siswa kelas 2, 3, Alumni dan Guru, WikuFEST memberikan kesempatan besar untuk meraih ilmu dan pengalaman berharga dari para Guest Speaker seperti: Himawan Nugroho, Wahyu Liz, Irayani Queenceputri, juga dari para Alumni yang telah meraih banyak prestasi dibidangnya seperti: Cak Hilal Achmad, Mas Sugeng Jadmoko, serta para pembicara dari WikuFEST#1. Maksimalkan kesempatan bertemu dengan para mentor yang dapat menjadi kontak dalam mengembangkan ilmu dan karir. Untuk para Alumni, untuk menjadi peserta dapat mengisi formulir yang sudah kami sediakan. Dikung WikuFEST#2 dengan datang menjadi bagian dari diskusi industri-akademis, pembicara, sponsor dan donasi, atau panitia.

Berikut adalah acara-acara yang akan diselenggarakan dalam Wikusama Festival: Keynotes Speakers (Paparan wawasan kedepan tentang perkembangan industri, kewirausahaan, karir dari pelaku utama alumni atau tamu), Technical Sessions (Sesi kelas secara bersamaan yang berbagi pengetahuan teknologi, kewirausahaan dan hands-on secara mendetail disertai kuis, serta sesi tanya jawab), Mentors Meetup (Sesi kecil secara bersamaan berbagi pengalaman dan kiat sukses dari para mentor alumni, diskusi dan tanya jawab secara langsung), Industry – Academic Discussion (Diskusi terbuka dari alumni-industri untuk timbal balik pengembangan kurikulum dan pendidikan di sekolah), Showcase, Award, Networking, Joint Cooperation, Games, dan Fun Techno Competition.

Kami juga membuka pemesanan Merchandise berupa kaos WikuFEST yang bertemakan Cloud, Android, dan Kalendar Bangsa Maya yang dapat dipesan melalui offical website WikuFEST.

Ikatan Almuni Wikusama bangga menjadi pelopor sinergi industri-akademis untuk almamater, demi membangun generasi yang lebih baik.

Share. Learn. The ICT World.

http://www.wikufest.org | @wikufest | https://www.facebook.com/WikuFest

Ketua Umum IAW Periode 2012 – 2015

Sesuai dengan Pengumuman Resmi dari KPU IAW. Telah ditetapkan Ketua dan Wakil Ketua baru Periode 2012 – 2015 Sdr. Hari Usmayadi dan Sdr. Bayu Indriarko. Daftar kepengurusan lengkap peridode baru ini akan diinformasikan lebih lanjut.

Selamat dan sukses untuk Ketua serta Wakil Ketua yang baru semoga dapat memegang amanah serta menghantarkan IAW lebih baik lagi.

DIRGAHAYU!!!

 

Kenapa Memilih STM Telkom Malang – bagian 2

Inilah bagian ke-2 sebagai lanjutan dari catatan sebelum ini.

Pertanyaanya masih sama, Kenapa ke STM Telkom? Kok bukan ke yang lain saja?

Dan inilah sebagian jawaban-jawaban “ajaib” itu. Selamat merenungkan.

Faizah Amin

ikutan nimbrung… (meski telat) 😀

kalo baca lan dengen cerita2 dari temen2, kebanyakan terpaksa, atau ga niat, atau ikut2an, dan semacamnya..

kalo saya, dari lulus SD, sudah ditanamkan, kalo besok2 setelah lulus SMP harus ke STM Telkom (nama jaman dulu)
karena dulu kakak mau tes di telkom, tapi gagal di test tahap 2-nya…
jadi tahu adiknya ini lulusan SD dg danem bagus, jadilah sewaktu smp disuruh belajar lebih giat, agar bisa masuk moklet.. dulu kan katanya masih ikatan dinas, lulus bisa langsung dpt kerja..

jadi dulu waktu kls 1 smp, bener2 niat belajar, dan udh tertanam klo mau ngelanjutin di STM Telkom Malang. Jadi kalo ditanyain, sudah jawab dg manteb, mau ngelanjutin ke Malang, ke SMK Telkom.. (padahal masih kelas 1 SMP) :hammer:

tibalah setelah UAN SMP, masih ga berhenti belajar, kemana2 ttp “eteng2” buku Matematika, Bhs Inggris & Fisika >> pelajaran yg diujikan utk masuk moklet. Ambil formulir udah dari awal2 hari…
dan saya pun dibopong ke Malang untuk tinggal di rumah om saya, 11 hari sebelum tes tahap pertama, dg alasan biar terbiasa dg malang dan ga mengganggu konsentrasi saat tes..

Jan nek diiling2 bener2 niat lah mbiyen kuwi… :hammer

Ainur Rohman F

kalau saya di bohongin sama ibuk. 😀 katanya keluar dari SMK Telkom kamu bisa langsung berdasi nak. ndlalah berdasine pas wisuda thok, bar ngunu ndak tau blas. Tapi alhamdulillah dari 4 temenku, cuma saya yang diterima.

*makasih bunda

Dwi Prasetyo Sasongko

kalo gw

pengen mandiri hidup jauh dari ortu, maklum zaman2 itu lg menggalau..
di rumah klau diomelin mulu males..
(ai lop u full pak+buk..;))

saking galaunya sampai ngimpi2/mbayangin enaknya andaikata jikalau bisa sekolah di kota itu
gadis2 cantik, hiburan melimpah ruah..bebas dan seru pokoknya..(maklum di desa cm ada sapi sama rumput ;)),
ya pikiran liar khas ABG labil yg kehilangan arah dan masih mencari jati diri gitulah..
ini kayaknya karena pengaruh sinetron dan musik deh..;P

kenapa milih STM..
pengen cepet kerja aja..
pilihannya saat itu : STM Pelayaran (surabaya), STM PAL (sidoarjo), STM penerbangan (malang), STM Telkom (malang)

akhirnya
dengan niat bulat dan mantap, demi mengejar cita2 dan cinta
mendaftarlah seorang pemuda harapan bangsa ke STM PAL Sidoarjo dan STM Telkom Malang
dua2nya diterima..namun nasib membawanya ke sawojajar..
STM PAL pengumumane lebih lambat dari STM Telkom soale

apa yg terjadi setelah masuk STM Telkom dan bagaimana kisah kasih di dalamnya, bersambung kalau sempet..;)

untuk sementara tamat

Anung Irawati

Kalo saya alasannya hampir sama dengan yang tadi2
Pengen nyenengin hatinya ibu
Berangkat ke malang nebeng temen, eh ndilalah kok ya temen yang ditebengi tadi gak lolos 😀
Mbak ku yang nemenin kemalang, saat itu sampe biduren karena kedinginan, padahal udah selimutan nunggu di mobil
Maklum Juni Juli emang dingin-dinginnya malang

Selain itu yang buat bangga sekolah dimalang…waktu itu sistemnya udah semester, sedangkan untuk SMU saat itu sistemnya masih caturwulan

Jadi ketika temen2 dikampung saya lagi sekolah, saya bisa liburan semester 😀
Keliatan keren karena kayak mahasiswa hehehhe
Dan mata pelajarannya juga gak umum, alias ke telkom2 an namanya
Tambah keren jadinya ketika ngasih tau nama pelajaran ke temen2 dikampung

Sama juga kayak mas Arief Darmawan
Bersyukur sekolah di STM Telpun
Karena ketemu bojo disana hehehehe

Absen juga untuk yang cinlok 😀

Krisyana Febrian

dulu tau SMK Telkom dari temen dan kebetulan kakak sepupu juga disana. Jadilah habis lulus SMP diajak temen kesana + diiming-imingi ceweknya cantik-cantik akhirnya saya berangkat berdua sama temen saya dari Jember dan karna bermodalkan ingatan temen saya yang katanya dulu pernah kesana pas SD jadi saya manut-manut saja. Bisa dibayangkan dua bocah ingusan yang ga pernah keluar kota sebelumnya nekat naek bis sendiri ke Malang. Lah kok akhirnya nyasar :)) untungnya sampe di SMK Telkom meskipun naek becak dan sempet nyasar ke STO Sawojajar :))

ndaftarlah kami berdua kesana,setelah tes tahap pertama temen saya lah kok ga lolos,dan akhirnya saya sendirian ga kenal sapa2 di kosan. setelah tes tahap dua lah kok lulus lagi, yo wes akhirnya jadi sekolah di SMK Telkom juga. Dan temen saya juga akhirnya jadi murid SMK Telkom juga meskipun ngulang lagi di tahun berikutnya.

ini ceritaku 😀

Ony Darmawan

nek critaku biyen kenek opo mlebu stm ngene …

cita2ku iku asline sekolah nang sma favorit di tuban sana …
akhirnya berangkat ke sma tsb, daftar sendiri … dan lolos …

tapi saat yg bersamaan, orang tua mendaftarkanku ke SPK … perawat … :(( … alasane ben langsung kerjo …
akhirnya di SPK ikut test juga … sialnya kok ya lolos juga disitu .. :((

akhirnya minta supaya jangan di SPK, di STM kek, apa kek, pokoknya gak mau di SPK,
akhirnya munculah saran untuk di STM di malang … gak tau STM apa, gak papa deh, yg penting bukan SPK …
dalam hati, sudah siap2 kalo misal tawuran pelajar gimana dsb …
pas di malang, test 1 lolos, test 2 lolos, nah … yg hari ke 3 ini …
harusnya sudah harus masuk di SPK, tapi aku tetep di malang untuk test selanjutnya …
dan sukurnya lolos juga …

pas balik lagi ke rumah, ternyata orang tua nanya, kemarin katanya kamu harus masuk SPK,
kepala sekolahnya datang ke rumah tuh … nanyain, banyak orang yg pengen masuk SPK,
lha ini lolos kok gak di ambil, katanya gitu …
aku bilang … abis aku gak suka sih … 😀

akhirnya sekolahlah di malang sampek lulus … dan sukurnya gak pernah tawuran … 😀 tapi pernah di palak i … hehe

Bismillah ….

Bismillahirrahmanirrahim,

Mohon do’a restu dan dukungan dari rekan-rekan semua. Semoga website Wikusama versi terbaru yang sedang dikembangkan ini dapat lebih semarak dan memberi nilai tambah yang signifikan dalam menjaga keakraban dan kekeluargaan seluruh penghuni Wikusama.

Mohon dukungan juga dalam bentuk opini, review serta masukan baik teknis maupun non teknis untuk perkembangan website ini.

Ditunggu emailnya ke sekretariat [at] wikusama [dot] org / publikasi [at] wikusama [dot] org

Salam,

Sekretariat WIKUSAMA

Kenapa Memilih STM Telkom Malang – bagian 1

Bagi sebagian besar orang mungkin sedikit aneh dalam memandang kami, kenapa untuk sekolah STM saja sampai harus jauh-jauh ke Malang. Tapi ternyata itu tidak sendirian, sebagian dari kami sendiri kadang juga merasa aneh, kenapa rela jauh dari Orangtua “hanya” untuk sekolah di STM.

Kenapa rela ke STM, sekolah yang identik dengan tawuran, sekolah yang identik hanya cukup membawa sebiji bolpoin dan sebuah buku tulis yang digulung serta hanya perlu dimasukkan ke saku belakang celana tanpa perlu tas. Sekolah yang identik dengan siswa-siswa urakan.

Kenapa?

Di bagian pertama ini, ada 6 cerita berbeda dari kami di Wikusama.

Yudhi Aprianto

aku dulu milih STM / SMK Telkom Malang ini karena ‘kecelakaan’, ngga ada niat untuk masuk kesini, alias iseng2 berhadiah, ngikut temen yg daftar kesini, termasuk nginep pas ujian tahap 1 dan 2 nya pun nebeng dirumah paman dia, hehehe ..

eh ndilalah yg ketrima aku, sedangkan temen yg ngajak aku itu ngga ketrima. byuh2, bener2 serasa di negeri antah berantah deh awal
pertama boyongan kesini. maklum pengalaman pertama jauh dari orang tua di usia muda lagi .. hehe ..

untungnya punya temen satu kost yg baik2, dan lucu2, akhirnya ngga jadi minder dan bosen .. ngga terasa lulus juga deh dari STM / SMK Telkom Malang ini .. xixixi .. 😀

Hanung Ardi

kalo Ane…

Sebenernya yang kepingin itu Ortu Ane… soalnya denger” lulusan SMK Telpon Ngalam ini langsung di terima kerja, alias ada ikatan dinas… kebetulan juga, ada tetangga desa Ane yang sudah skull di SMK Telpon Ngalam. So… Daftarlah Ane dan ajak 2 temen Ane 1 SMP. Tes bareng… Pas waktu mau masuk tes, Ane lupa Tas kecil ane yg isinya no tes, pulpen, dll akhirnya Ane ke kos Ane depan situ. Ane pesimis si, ngrasa gk bakalan lolos, uda telat, lari” ngerjain soal pake ngos”an pula…

Dan ternyata lolos juga tahap 1 n 2, klo temen Ane kagak lolos 2 2 nya. T__T

Setelah ditrima, hari pertama bobo kost sendirian, Kesepian…. pengen pulang, pengen nangis juga kykny… trus bsok nya… ada temen kost baru, n sekamar pula ma Ane… Cah Blitar… Bahasane aneh… akhir betah de…. Sampe lulus… ternyata ikatan dinas nya dah gak ada.,.. hahahaha naseb mu naaaaakkkk….

Alfa Rizqi A.S

Nek saya karena diusir orang tua “wis lulus smp, kudu wani urip adoh wong tuwo, minimal radius 15km” …as simple as that…akhire nubyak nubyak golek brosur sma sing diluar magetan, ndilalah entuke SMF (farmasi) karo stm telpun, dan menilik kepada hasrat saya pada kimia yang begitu ‘besar’ itu, akhirnya saya pilih stm telkom, lalu saya njajal ndaptar neng ketintang, disana ketemu seorang pemuda yang tampaknya bernasib sama, ngakunya dari kediri, dan akhirnya ndaftar bareng, beliau adalah mas adisan raja jalanan 😀

Henry Yudha

penyebab utama daftar gara2 mbak Santi (orang TU sekaligus tetangga depan rumah) yang berhasil ngompori ortu

ndaftar pun pake kaos oblong + clana kolor + sendal jepit
pak fuad yg waktu itu ngeliat udah geleng2 dan komentar, “kowe iki arep daftar opo dolen tho le le”
tes tahap pertama pun telat 15 menit *padahal jarak rumah ortu ke sekolah ga ada 100M 😀
tes lari pun ada di urutan ke-dua dari belakang, dan berhasil overlap sama pesaing2 yg lain *jalur lari waktu itu ngelewati pasar sawojajar, dan ketemu tetangga,jadi ngobrol2 dulu =))
tes wawancara (sama pak Budi), di tanya alasan masuk SMK Telkom, njawab nya karena deket rumah 😀

walaupun sempet ditertawakan sama temen se-geng yg masuk SMA favorit di malang, tp saya bangga bisa masuk smk telkom 😀

Masagung Kurnia

Iseng mas, soalnya ada kakak sepupu/om saya alumni moklet dan rantau ke jakarta pada waktu itu 😀

Pas abis UN SMP dulu (di kab. Malang), saya sama temen se-geng cerita2 pengen nerusin kemana, ada yg bilang ke SMA di surabaya, SMAN kota malang dll, nah saya niatnya gaya2an njawab “STM Telkom tah nek aku” dan dapet respon riuh rendah dari mereka, padahal asline podo gak ngerti STM Telkom itu kayak gimana 😀

Terus pas abis pengumuman kelulusan SMP, saya nemu map formulir pendaftaran STM Telkom di atas meja makan di rumah, agak kaget juga sih gimana ortu bisa tau. Akhirnya saya isi terus besoknya saya kembalikan ke STM Telkom. Sekalian nyabang beli formulir & ndaftar ke STM Grafika sama STM Negeri Singosari.

Dulu sempet nyasar di sawojajar soalnya meskipun asli malang tapi ga pernah maen ke sawojajar sebelumnya 😀 udah gitu naik shogun berdua sama temen seangkatan saya Caesar Aldhela, dari poncokusumo, kumus2 pake kaos oblong, celana 3/4 sama sendal jepit 😀 Pas itu hari sabtu, (seragam atasan batik bawahan putih), ngeliat ada murid di depan sekolah (mau pulang) jalan bertiga sambil baca buku tebel satu2, kesan pertama yang saya tangkap adalah ‘elegan’ 😀 di hati saya waktu itu “wuih, sekolahane arek2 rajin iki!” Saya jadi semangat buat ndaftar 😀

Akhirnya lolos test tahap 1 & 2 semuanya berangkat sama siap2 sendiri, pokoknya ortu tau beres aja sama bayarin cicilan uang gedung 😀

Aditya Pratama

Nek saya sempat SMA setahun…
Karena SMA ditmpt saya di kabupaten madiun tidak kondusif, isuk awan sore bengi tawuran terus antar perguruan pencak silat, antar sekolah dan antar kecamatan (koyok kejurda wae), akhirnya dripada meregang nyawa dikampung halaman, lebih baik minggat saja…

Selain itu juga, ada anaknya guru saya pas sd yg langsung dpt kerja ketika lulus dri stm telpon ini. jadinya, ada motipasi tersendiri…

Eling pas MOS biyen merupakan satu2nya org yg pake seragam abu2 putih…

Laporan ZIS Wikusama 2010

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudaraku para Muzakki dan Munfiq ZIS Wikusama,

Alhamdulillah selama tahun 2010 ZIS Wikusama masih berkesempatan untuk menerima amanah dari saudara-saudara sekalian. Amanah tersebut kami wujudkan dalam bentuk beberapa kegiatan. Kegiatan rutin berupa penyaluran zakat dalam bentuk beasiswa kepada kaum miskin (bekerjasama dengan masjid As-Suhaimiyah Jakarta Pusat) masih berjalan.

Dengan pertimbangan kemudahan transaksi, perubahan mekanisme penyaluran zakat rutin dari bulanan menjadi dwi bulanan dilakukan. Begitu pula perubahan jumlah penerima zakat, setelah melalui evaluasi, diskusi tim dan pertimbangan kondisi cashflow, tim memutuskan untuk membantu dana pendidikan 7 orang di level Sekolah Menengah Atas.

Beberapa kegiatan lainnya seperti bantuan kepada beberapa saudara Wikusama yang tertimpa musibah dan bantuan kepada korban bencana alam (kerjasama dengan beberapa Wikusama) alhamdulillah bisa
terlaksana.

Berikut adalah rincian keuangan ZIS Wikusama selama 2010 :

Akhir kata, kami menyadari masih banyak kekurangan yang perlu kami benahi dalam mengelola ZIS Wikusama ini, oleh karena itu kritik, saran dan masukan yang membangun sangat kami harapkan. Dan semoga di tahun 2011 ini saudara diberikan keluasan rizki, kelapangan dan kesehatan, sehingga dapat membantu saudara kita yang lebih membutuhkan.

Terima kasih atas kepercayaan saudara dalam menyalurkan dana Zakat, Infaq, Shodaqohnya kepada kami, teriring doa Jazakallah Khoiron Katsiroo (Semoga Allah membalas dengan yang lebih baik).

Amiin…amiin… ya Rabbal Alamiin…

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tim ZIS Wikusama

*) ditulis ulang oleh redaksi sesuai laporan resmi Tim ZIS Wikusama melalui milis internal Wikusama

Dari Alumni, Oleh Alumni, Untuk Alumni

Sahabat semua,

Wikusama hidup dan terus berkembang. Bergerak, berubah dan menyesuaikan diri seiring perjalanan waktu. Sebagai organisasi, tongkat kepengurusan Wikusama telah berpindah dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dan di generasi ketiga yang sudah berjalan 1 tahun lebih ini, punggawa-punggawa muda Wikusama menjadi penggerak utamanya.

Meski belum semua target dan rencana tercapai, apa yang telah dan sudah digerakkan oleh kami juga tidak bisa dibilang sedikit. Untuk itu, demi kemajuan bersama, demi pencapaian semua, kami harapkan kesediaan sahabat semua untuk meluangkan waktu sejenak memberikan sumbangsih pemikiran, ide, harapan, wacana dan apapun itu dengan mengisi isian formulir digital dibawah ini. Sumbangsih sahabat semua akan menjadi masukan yang sangat berharga bagi kami untuk melanjutkan amanah dari sahabat semua dalam menggerakkan Wikusama sebagai sebuah organisasi.